Senin, 07 Oktober 2019

KONSEP PEMODELAN GRAFIK Tugas ke-1

TUGAS 1
KONSEP PEMODELAN GRAFIK

1. PENGERTIAN DESAIN DAN PEMODELAN GRAFIS:

Desain pemodelan grafik merupakan suatu proses penciptaan suatu obyek dengan menggunakan software dan melalui beberapa tahapan yakni membuat, menyimpan dan memanipulasi model dan citra. Desain pemodelan grafik terdiri dari 3 suku kata yakni:

• Desain Desain adalah seni terapan, arsitektur dan pecapaian kreatif lainnya. Desain juga diartikan sebagai kerangka bentuk atau rancangan.

• Pemodelan Pemodelan adalah pola/contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang. Pemodelan adalah tahap dimana akan dibentuknya suatu obyek, proses pemodelan ini memerlukan dengan beberapa langkah saat pembuatannya.

• Grafis Pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, simbol dan gambar dengan melakukan proses percetakan.

• Desain Grafis Seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak dan desain interaksi.

2. PRINSIP NDAN UNSUR BDESAIN GRAFIS: Unsur-Unsur :

• Garis (Line) Garis merupakan unsur dasar dalam desain. Unsur garis adalah unsur yang merupakan titik/poin lainnya yang akan membentuk sebuah bentukan garis seperti garis lurus, lengkung, zigzag, tidak beraturan, horizontal, vertikal, dan diagonal.

• Bentuk/Bidang (Shape) Shape adalah sebuah bentukan yang memiliki bentuk seperti lingkaran, kotak, segitiga, ataupun bentukan lain yang memiliki diameter tinggi dan lebar.

• Tekstur (Texture) Pada desain grafis, tekstur merupakan tampilan dari sebuah gambar (desain) yang pada visualisasi permukaannya memiliki suatu bentuk, corak dan pola yang bisa dilihat.

• Ruang/Jarak (Space) Space adalah ruang atau jarak antara elemen-elemen yang terdapat pada desain grafis.

• Ukuran (Size) Ukuran adalah unsur yang sangat penting dalam desain grafis. Ukuran dalam hal ini adalah panjang dan pendek, tinggi dan rendah, serta besar dan kecilnya sebuah objek. Objek yang mau diperlihatkan lebih dulu akan memuliki ukuran yang lebih besar dari pada objek yang lainnya.

• Warna (Color) Warna juga adalah unsur yang sangat kompleks untuk diperhatikan. Pemilihan warna menentukan arah dan tujuan sebuah desain grafis, karena warna memiliki visual yang bisa dinilai oleh mata. Contohnya warna latar yang hitam bisa dipadukan dengan objek atau teks yang berwarna putih. Terlalu banyak warna juga akan menimbulkan kesan norak, maka berhati hatilah dalam memilih warna.

• Gelap-Terang (Value) Value merupakan dimensi terang-gelapnya warna. Pada dasarnya setiap warna bisa diterangkan menjadi warna yang lebih muda. Value merupakana unsur yang menentukan sebuah desain menjadi lebih indah dipandang mata atau tidak. Value tersebut adalah gelap-terangnya warna sebuah objek, background, atau teks.

Pinsip :

• Kesederhanaan Banyak pakar desain grafis menyarankan prinsip ini dalam pekerjaan desain. Hal ini dikarenakan desain yang sederhana tidak akan menimbulkan kesan yang norak.

• Keseimbangan Keseimbangan adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual.

• Kesatuan Kesatuan adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan, atau keutuhan yang merupakan isi pokok dari komposisi. • Penekanan (Aksentuasi) Dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca, sehingga ia mau melihan dan membaca bagian desain yang dimaksud.

• Irama (Repetisi) Irama merupakan selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang serupa dengan interval waktu antara dua nada musik beruntun yang sama.

3. PERKEMBANGAN DESAIN GRAFIS DI BERBAGAI MEDIA:

Media desain grafis hanya terbatas pada media cetak. Namun, hingga saat ini semakin tidak terbendung, bahkan menambah ke duina multimedia. Desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat, gambar tangan, dan komputer. 

Daftar Software Desain Grafis
• Adobe Photoshop
• Adobe Illustrator
• Adobe Indesign
• Coreldraw
• GIMP
• Inkspace
• Adobe Freehand
• Adobe Image Ready
• Adobe Page Make
• Paint Tool SAI

Webdesign
• Adobe Dreamweaver
• Microsoft Frontpage
• Notepad
• Adobe Photoshop

Audiovisual
• Adobe After Effect  Adobe Premier
• Final Cut
• Adobe Flash
• Ulead Video Studio
• Magic Movie Edit Pro
• Power Directo

4. PENGARUH KEBUDAYAAN DAN TEKNOLOGI DALAM MEMBUAT DESAIN PEMODELAN GRAFIK:

Unsur-unsur yang berpengaruh dan membantu desainer dalam membuat sebuah model grafik. Dua unsur yang sangat berpengaruh yaitu teknologi dan kebudayaan.

Teknologi

Desain grafis, terkait dengan teknologi diberbagai tingkatan. Teknologi mempengaruhi bagaimana desain yang diproduksi dan juga mempengaruhi perkembangan dalam gaya, seni, dan masyarakat secara keseluruhan, yang pada gilirannya tercermin dalam bentuk desain. Teknologi juga menawarkan desainer berbagai media untuk projek mereka. Teknologi menyangkut cara-cara atau teknik memproduksi, memakai, serta memelihara segala peralatan dan perlengkapan. Teknologi muncul dalam cara-cara manusia mengorganisasikan masyarakat, dalam cara-cara mengekspresikan rasa keindahan, atau dalam memproduksi hasil kesenian.

Kebudayaan

Desainer menggunakan berbagai cara untuk menyampaikan artinya, dan sering kali memanfaatkan norma-norma budaya bersama. nilai-nilai sejarah dan bahasa. Penggunaan simbol atau tokoh heroik dari masa lalu untuk mendukung atau mewakili sudut pandang atau kualitas tertentu. Selain itu, kebudayaan yang digunakan dalam desain pemodelan grafis secara tidak sengaja telah memberitahukan jati diri desainernya. Faktor budaya memberikan pengaruh luas dalam desain pemodelan grafis, misalnya pengiklan harus mengetahui peranan yang dimainkan oleh budaya, sub budaya dan kelas sosial pembeli agar dapat memuaskan keinginan dan perilaku konsumen.


REFERENSI:

https://www.jagodesain.com/unsur-grafis.html

https://www.teoridesain.com/2017/06/grafis.html

Hendratman, Hendi. (2014). Computer Graphic Design. Bandung: Penerbit Informatika.

Rakhmat, Supriyono.(2010). Desain Komunikasi Visual-Teori dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Elang.

https://www.komunikasipraktis.com/2018/09/pengertian-prinsip-dan-unsur-desain.html k

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KOMPUTASI MODERN Tugas ke-3

  Komputasi Modern   Pengertian Komputasi Modern Komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyim...